Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

7 Desa di Jepara Belum Cairkan Dana Desa



Reporter:    /  @ 15:00:37  /  10 Agustus 2017

    Print       Email

Suasana Rakernis Pelaksanaan ADD dan Dana Desa Tahun 2017 untuk Desa se Kabupaten Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Sebanyak tujuh desa di Jepara belum cairkan Dana Desa. Hal itu karena mereka belum merampungkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2017.

Hal itu disampaikan oleh  Kabid Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa, Dinas Sosial Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsosbapermades) Jepara Budi Prisulistyono, Kamis (10/8/2017).  Menurutnya, hal itu karena pemerintah desa dianggap belum cakap memahami terkait penyusunan APBDes. 

“Berbagai bimbingan teknis telah dilakukan berkali-kali, namun teman-teman di desa yang baru memahami (tata kelola keuangan DD dan ADD) hanya sekitar 70 persen, sementara 30 sisanya belum ada kejelasan,” tutur dia, di sela Rapat Kerja Teknis Alokasi Dana Desa dan Dana Desa di Pendapa Pemkab Jepara. 

Ia mengungkapkan pertemuan teknis sangatlah penting untuk menambah kecakapan perangkat desa, dalam menyelesaikan administrasi DD dan ADD. Hal itu selaras dengan imbauan dari Presiden Joko Widodo yang mengawasi penggunaan dana tersebut secara ketat. 

Oleh karenanya, ia menginginkan seluruh pemerintah desa memahami betul penyusunan administrasi dan pelaksanaan DD serta ADD. Selain itu, persoalan belum pahamnya pemerintah desa tentang proses pembentukan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes). 

“Jangan sampai karena ketidaktahuan pemerintah desa, menyebabkan mereka bisa masuk ranah pidana,” lanjutnya. 

Dirinya menerangkan, sampai bulan kedelapan ada tujuh desa yang belum menyelesaikan APBDes. Hal itu tentu berpengaruh pada proses pencairan Dana Desa yang macet, karena komponen administrasi merupakan syarat utama pengucuran dana tersebut. 

“Ada tujuh desa yang belum mencairkan dana desa, seperti Mororejo, Tanggultlare, Kedung Malang, Surodadi dan Bandung di Mayong sisanya saya lupa,” ujar dia. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar


    Print       Email


Artikel terkait lainnya

Band Narapidana Narkotika Pentaskan Lagu Kemerdekaan saat Pemberian Remisi di Lapas Pati

Selengkapnya →